Ilmu Sosial Dasar
Abstract
PRAKATA
Pendidikan mempunyai tugas menyiapkan sumber daya manusia untuk pembangunan. Derap langkah pembangunan selalu diupayakan seirama dengan tuntutan zaman. Perkembangan zaman selalu memunculkan persoalan-persoalan baru yang tidak pernah terpikirkan sebelumnya oleh masyarakat. Pendidikan merupakan kebutuhan manusia sepanjang hayat, sampai kapan dan dimanapun ia berada. Pendidikan sangat penting artinya, sebab tanpa pendidikan manusia akan sulit berkembang dan bahkan akan terbelakang. Dengan demikian pendidikan harus betul-betul diarahkan untuk menghasilkan manusia yang berkualitas dan mampu bersaing, di samping memiliki budi pekerti yang luhur dan moral yang baik. Dunia pendidikan masa depan memang dituntut untuk lebih dekat lagi dengan realitas dan permasalahan hidup yang tengah menhimpit masyarakat. ungkapan school is mirror society (sekolah /lembaga pendidikan adalah cerminan masyarakat) seyogyanya benar-benar mewarnai proses pendidikan yang sedang berlangsung. sebagai konsekuensinya, pendidikan harus ikut berperan aktif dalam memecahkan problem social. llmu sosial dasar sangat penting dalam suatu rangkaian pengetahuan mengenai aspek – aspek yang paling mendasar dan menonjol di dalam kehidupan manusia sebagai makhluk sosial yang memiliki budaya dan permasalahan – permasalahan yan adadi masyarakat. Aspek lain dari pengantar ilmu sosial dasar merupakan pengenalan teori - teori ilmu sosial dan kebudayaan sehngga diekspektasikan seseorang dapat memiliki wawasan keilmuan yang bersifat multidipsliner yang bersangkutan dengan keagamaan, kesetaraan , dan manusia di dalam kehidupan bersosialisasi. Secara umum, ilmu sosial dasar bertujuan untuk mengembangkan kepribadian manusia sebagai makhluk sosial ( zoon politicon ) dan sebagai makhluk budaya ( homo humanus ), sehingga mampu menghadapi secara kritis dan berwawasan luas masalah mengenai sosial budaya dan permasalahan lingkungan sosial budaya, serta dapat menyelesaikannya dengan baik, tujuan umum ilmu sosial dasar ada beberapa yaitu yang pertama pengembangan kepribadian manusia sebagai makhluk sosial dan makhluk berbudaya, yang kedua kemampuan seseorang menanggapi secara kritis dan berwawasan luas terhadap permasalahan sosial dan permasalahan lingkungan sosial budaya, dan yang terakhir ketiga adalah kemampuan di dalam menyelesaikan secara baik, bijaksana dan obyektif permasalahan – permasalahan di dalam kehidupan bermasyarakat. Secara umum kita harus memahami konsep – konsep dasar mengenai manusia sebagai makhluk sosial, dan manusia sebagai makhluk berbudaya memiliki daya kritis, wawasan yang luas terhadap permasalahan lingkungan sosial budaya. Akhirnya ucapan terima kasih disampaikan kepada Allah SWT yang telah memberikan kekuatan kepada penulis dan terima kasih kepada semua pihak yang telah secara langsung maupun tidak langsung telah membantu dalam menyelesaikan buku ini. Semoga buku ini membantu perkembangan wawasan pemikiran yang lebih luas dan mempunyai kepribadian yang diharapkan dari setiap anggota golongan masyarakat Indonesia khususnya berkenan dengan sikap dan tingkah laku serta pola pikir manusia dalam relasinya antar sesama, tentunya buku ini masih mengalami kekurangan, dan akan diperbaiki jika ada perkembangan informasi yang lebih otentik lagi.
Yogyakarta, Desember 2016
Penulis
PRAKATA
Pendidikan mempunyai tugas menyiapkan sumber daya manusia untuk pembangunan. Derap langkah pembangunan selalu diupayakan seirama dengan tuntutan zaman. Perkembangan zaman selalu memunculkan persoalan-persoalan baru yang tidak pernah terpikirkan sebelumnya oleh masyarakat. Pendidikan merupakan kebutuhan manusia sepanjang hayat, sampai kapan dan dimanapun ia berada. Pendidikan sangat penting artinya, sebab tanpa pendidikan manusia akan sulit berkembang dan bahkan akan terbelakang. Dengan demikian pendidikan harus betul-betul diarahkan untuk menghasilkan manusia yang berkualitas dan mampu bersaing, di samping memiliki budi pekerti yang luhur dan moral yang baik. Dunia pendidikan masa depan memang dituntut untuk lebih dekat lagi dengan realitas dan permasalahan hidup yang tengah menhimpit masyarakat. ungkapan school is mirror society (sekolah /lembaga pendidikan adalah cerminan masyarakat) seyogyanya benar-benar mewarnai proses pendidikan yang sedang berlangsung. sebagai konsekuensinya, pendidikan harus ikut berperan aktif dalam memecahkan problem social. llmu sosial dasar sangat penting dalam suatu rangkaian pengetahuan mengenai aspek – aspek yang paling mendasar dan menonjol di dalam kehidupan manusia sebagai makhluk sosial yang memiliki budaya dan permasalahan – permasalahan yan adadi masyarakat. Aspek lain dari pengantar ilmu sosial dasar merupakan pengenalan teori - teori ilmu sosial dan kebudayaan sehngga diekspektasikan seseorang dapat memiliki wawasan keilmuan yang bersifat multidipsliner yang bersangkutan dengan keagamaan, kesetaraan , dan manusia di dalam kehidupan bersosialisasi. Secara umum, ilmu sosial dasar bertujuan untuk mengembangkan kepribadian manusia sebagai makhluk sosial ( zoon politicon ) dan sebagai makhluk budaya ( homo humanus ), sehingga mampu menghadapi secara kritis dan berwawasan luas masalah mengenai sosial budaya dan permasalahan lingkungan sosial budaya, serta dapat menyelesaikannya dengan baik, tujuan umum ilmu sosial dasar ada beberapa yaitu yang pertama pengembangan kepribadian manusia sebagai makhluk sosial dan makhluk berbudaya, yang kedua kemampuan seseorang menanggapi secara kritis dan berwawasan luas terhadap permasalahan sosial dan permasalahan lingkungan sosial budaya, dan yang terakhir ketiga adalah kemampuan di dalam menyelesaikan secara baik, bijaksana dan obyektif permasalahan – permasalahan di dalam kehidupan bermasyarakat. Secara umum kita harus memahami konsep – konsep dasar mengenai manusia sebagai makhluk sosial, dan manusia sebagai makhluk berbudaya memiliki daya kritis, wawasan yang luas terhadap permasalahan lingkungan sosial budaya. Akhirnya ucapan terima kasih disampaikan kepada Allah SWT yang telah memberikan kekuatan kepada penulis dan terima kasih kepada semua pihak yang telah secara langsung maupun tidak langsung telah membantu dalam menyelesaikan buku ini. Semoga buku ini membantu perkembangan wawasan pemikiran yang lebih luas dan mempunyai kepribadian yang diharapkan dari setiap anggota golongan masyarakat Indonesia khususnya berkenan dengan sikap dan tingkah laku serta pola pikir manusia dalam relasinya antar sesama, tentunya buku ini masih mengalami kekurangan, dan akan diperbaiki jika ada perkembangan informasi yang lebih otentik lagi.
Yogyakarta, Desember 2016
Penulis
Full Text:
PDFReferences
Cetakan pertama, Desember 2016; ISBN. 978-602-73684-1-5.
Penerbit: Kaliwangi Offset Yogyakarta
Refbacks
- There are currently no refbacks.