Integrasi Nilai Karakter Pertunjukan Wayang dalam Pembelajaran IPS
Abstract
Segala puji dan syukur penulis panjatkan kehadirat Allah SWT yang telah melimpahkan taufiq dan hidayah-Nya sehingga peneliti diberi kemampuan, kemudahan dan kelancaran dalam menyusun Buku yang berjudul Integrasi Nilai Karakter Pertunjukan Wayang Pembelajaran IPS. Paradigma modernisme menempatkan manusia sebagai pusat dan penentu proses (antroposentrisme) dalam perkembangan kehidupan di dunia ini. Nilai-nilai yang hidup secara turun temurun pada masyarakat tradisional dikesampingkan. Budaya pewayangan merupakan suatu bentuk kegiatan manusia yang mempunyai nilai-nilai luhur yang patut dilestarikan guna menunjang kehidupan yang serasi dan selaras dengan alam sangat sesuai dengan pandangan perenialisme. Pewarisan nilai-nilai kearifan lokal pertunjukan wayang kulit perlu diimplementasikan dalam bentuk pembelajaran yang berbasis etnopedagogi. Tulisan ini bertujuan untuk memaparkan integrasi nilai-nilai karakter melalui pertunjukan wayang kulit dalam Pembelajaran IPS. Nilai-nilai kearifan lokal yang bisa diimplementasikan dalam pembelajaran IPS sebagai upaya pewarisan nilai budaya yang terkandung dalam budaya pewayangan. Nilai-nilai kearifan melalui pertunjukan wayang kulit tersebut diantaranya yaitu nilai karakterreligius, kerja keras, demokratis, kejujuran,tanggung jawab, peduli sosial budaya dan peduli lingkungan Buku ini merupakan buku monograf hasil penelitian yang berjudul “Implementasi Nilai-Nilai Karakter Melalui Pertunjukan Wayang Kulit Dalam Pembelajaran IPS”. Penulis menyadari bahwa penulisan buku ini jauh dari kesempurnaan karena kesempurnaan hanya milik Allah SWT, maka saran dan kritik yang bersifat membangun sangat peneliti harapkan demi kualitas dan kebermanfaatan tulisan ini demi kemajuan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial. Semoga amal kebaikan yang telah diberikan kepada peneliti mendapat balasan dari Allah SWT.
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.